Dosa Asal : Apa itu???

 

Dosa asal merupakan sebuah istilah di agama Kristen yang merujuk kepada sebuah dosa yang dilakukan oleh adam dan hawa sehingga di usir dari surga, dimana dosa ini diwariskan pada keturunan. Dan akhirnya di tebus oleh Yesus Kristus, sehingga manusia menjadi tanpa dosa lagi. CMIIW.

Nah, dari pengertian dosa asal di atas ada 2 pertanyaan saya:

  1.  dosa kok diwariskan ya? Nggak adil banget dunk. Istilah kate Adam dan Hawa makan nangka kok gue kena getahnya.
  2. terus kok di tebus oleh Yesus, ndak adil juga tuh. Istilah kate kita yang makan nangka, Yesus yang kena getahnya.

Akhirnya ke dua pertanyaan tersebut terjawab sudah setelah membaca artikel dimas yang tentang perang suci . Saya kutipkan bagian artikel tersebut yang relevan dengan tulisan saya kali ini:

Saudaraku, akan aku ceritakan sebuah kisah sehingga engkau bisa mengerti lebih baik arti dari jihad, atau perang suci. Ketika Tuhan membentuk Adam dari tanah, Dia meletakkan kepercayaan yang agung dari cahaya Nur Muhammad pada kening Adam dan menitahkan bahwa manusia akan mengetahui apa-apa yang tidak akan pernah diketahui oleh malaikat dan mahluk lainnya. Pemimpin dari jin melihat dan mendengarkan kejadian ini. Dirinya menjadi penuh dengan kecemburuan, keangkuhan, rasa dendam, dan sifat-sifat ini merubah bentuknya menjadi Setan. Pada awalnya dia mulai berbicara melawan Tuhan, menyombongkan diri kepada Adam, “Aku lebih mulia darimu. Allah berkata bahwa Dia menciptakan engkau menjadi yang paling mulia, tetapi engkau hanya terbuat dari tanah. Aku terbuat dari api. Jika engkau membungkuk kepadaku aku akan membantumu, tetapi jika engkau mencoba untuk berada di atasku, maka aku akan melakukan banyak hal-hal jahat kepadamu dan membuatmu penuh dengan penderitaan.”

Lalu cahaya yang berada pada kening Adam melihat Setan dengan cermat, dan ketika Setan melihat sinarnya, timbul dari dalam dirinya ketakutan, kecemburuan dan rasa dendam yang lebih besar lagi. Sekali lagi dia mencemoohkan Adam, ” Engkau diciptakan dari tanah, dan engkau berani melihatku seperti ini! Karena engkau diberikan tempat yang lebih tinggi dariku, Aku akan membuat kesedihan dan penderitaan bagimu hingga yang paling akhir.” Lalu Setan meludah kepadanya, dan pada saat ludahnya mendarat di Adam, sifat-sifat racun setan merasuki Adam dan menyebar keseluruh tubuhnya. Sifat-sifat itu menjadi kegelapan dari akal pikiran dan hijab yang menutupi hati kita yang paling dalam.

Melihat apa yang terjadi, Allah memerintahkan Malaikat Jibril untuk mencungkil titik neraka dimana ludah setan mendarat. Lubang yang tersisa menjadi puser. Walaupun ludahnya sudah disingkirkan, beberapa racun dari kejahatan tersebut, sifat-sifat kedengkian, telah merasuki Adam dan melalui cara tersebut diturunkan kepada keturunannya, menyebabkan semua penderitaan manusia yang tiada pernah berakhir. Karena perbuatan-perbuatan setan, Allah memerintahkan dia dan pengikutnya dikeluarkan dari surga. Lalu Dia menaikkan Adam ke posisi titah yang tinggi baginya.

Dari kutipan artikel tersebut saya mendapat hikmah mengenai apa yang di sebut dosa asal tersebut, yakni bahwa dosa asal itu adalah sifat-sifat ke Iblis an yang ada di manusia. Maaf ya Blis, nama sampean saya pinjam bentar, abis dah terkenal sih, jadi gue nebeng aja.. Dan sifat inilah yang menyebabkan sehingga manusia mengalami hidup seperti sekarang ini di dunia, dan bukannya enak-enakan di surga. ;) .

Nah adapun hubungannya dengan penebusan dosa oleh Yesus adalah bahwa dengan melalui jalan yang di tunjukkan oleh Yesus , maka kita akan kembali ke manusia yang suci sesuai fitrah kita sebenarnya, sebagaimana Adam sebelum terusir dari surga. Di mana sifat ke Ibils an itu telah dapat kita atasi ,  sehingga kita menjadi benar benar manusia, bukan manusia setengah iblis. :mrgreen:

Tapi kemudian timbul pertanyaan lagi, lah berarti Adam dan Hawa tetap mewariskan sifat ke Iblis an dunk? , nggak adil juga tuh. Nah loh…. :shock: Yah kalo soal ini, tolong di pahami apa yang tersirat dari kisah Adam dan Hawa  tersebut.  Jika sudah paham, maka niscaya tidak akan ada rasa ke tidak adilan itu. :mrgreen:

Dan akhir kata, hikmah memang bisa di dapat dari mana saja, bahkan lintas agama. Selama hati ini bisa jernih menyikapinya. Jadi marilah jangan tutup diri dari kebenaran itu, hanya karena berbeda label aja. ;) . Dan terutama saya ucapkan rasa syukur kepada Tuhan  atas hikmah ini.

67 Responses to “Dosa Asal : Apa itu???”


  1. 1 abah dedhot Agustus 26, 2007 pukul 8:27 pm

    kok jadi abah yang disuruh BUGIL…???

    …Setelah perdebatan antara TUHAN vs IBLIS (masalah sujud-sujudan kepada ADAM), yang berakhir dengan terusirnya IBLIS dari tempatnya semula… dan Adam dipersilahkan untuk masuk ke SURGA… dipersilahkan untuk menikmati segala yang ada di sana, dengan syarat DILARANG mendekati “pohon itu”…
    Tetapi… melalui suatu RAHASIA, sang IBLIS berhasil masuk ke SURGA, tempat Adam berada dan menawarkan BUAH dari POHON YANG TERLARANG kepada Adam.

    Masalahnya… bagaimana IBLIS bisa keluar masuk SURGA seenaknya…???
    Bukankah persyaratan untuk masuk ke SURGA itu, buanyaak banget…???
    mesti rajin beramal shaleh, berpuasa, zakat, shalat dan lain sebagainya…??? Bukankah SURGA itu… katanya dijaga oleh MALAIKAT RIDWAN…???
    Apakah ia lalai / kecolongan sehinggga IBLIS bisa masuk SURGA…???

    Kalo memang iming-iming SURGA itu sebagi tujuan… lebih baik jadi pengikut IBLIS, bisa juga dia masuk SURGA. nyaratnya ringan cuma ikutan doang… ngga cape-cape ngejalanin ajaran AGAMA, mesti nahan lapar 1 bulan, mesti bangun malem atau subuh… mesti banyak amal… dsb.

    IBLIS itu kompak dengan sesamanya… tidak pernah saling sikut-sikutan, saling tindas. ngga pernah pada ribut, berdebat saling menyakiti untuk dapat kepuasan akan perasaan benar & salah. mereka faham dengan visi&misi akan keberadaannya… sedangkan manusia…???

    @mas zal
    kemana ajah…??? baru muncul. sibuk bikin perusahaan… ya???

    Abah ini sohibnya IBLIS…
    Sama sohib ngga mungkin belis…
    Dengan 4 sifat hamba yang melekat…
    Mustahil puja & puji menempat…

    salam

  2. 2 zal Agustus 26, 2007 pukul 9:58 pm

    ::Bah jadinya kita-kitaan ini banyak amat yah….???, wah bah didalam khyalku banyak juga, dulunya kami suka berantem…sampe terbang-terbangan begitu….la iyyalah…namanya juga khayalan…kek…kek…eh tapi endingnya aku dipersilahkan lewat…..kek..kek..kek lagi….sochibnya abah, asyik-asyik…ta’at…ta’at…dan ramah tamah….swear… :lol:

  3. 3 abah dedhot Agustus 26, 2007 pukul 11:01 pm

    @mas zal
    Iya mas… dilyanin berantemnya jangan kelamaan, 1 , 2 jurus boleh lah… kalo kelamaan cape juga, ngga ada habisnya. dan memang pasti dipersilahkan kalo langkahnya: terbang keatas, atow nyelem ke bawah… dia nyerah / ngga bisa apa-apa kalo kita lewat sana…
    sochibnya abah, pasti asyik-asyik…ta’at…ta’at…dan ramah tamah…. karena mas zal yang ngajarin sih… he.. he..
    salam

  4. 4 daeng limpo Juni 25, 2008 pukul 1:00 pm

    blis…..blis, namamu belon ganti ya…?

  5. 5 atheis Januari 26, 2009 pukul 8:10 pm

    dosa asal adalah ajaran inti kristen dan inilah merupakan kelemahan inti dari ajaran kriste.

    dosa kok tanggung renteng, di dunia aja hukum tanggung renteng itu tidak ada dan sangat biadab.

    terus kalau harus ditebus oleh darah yesus… berarti tuhannya haus darah dong???

    masih banyak ajaran lain yang lebih bijaksana.., kalau aku sih ogah deh ikut ajaran ini..

    bye bye

  6. 6 jurex_katro Juli 21, 2009 pukul 11:13 am

    To : Atheis

    Ajaran lain yang lebih bijaksana…?
    Maksud loh…?
    Nggak ngaruh loe mau jadi kristen atawa apa.

    Bye…bye…

  7. 8 IVAN Juli 25, 2009 pukul 10:13 pm

    Seorang manusia lahir langsung dewasa.karena ia lahir sebagai manusia,maka naluri manusianya di tambah rasa lapar perutnya,mendorongnya untuk mencari sesuatu untuk memenuhi tuntutan perutnya.Tak jauh dari tempat kelahirannya,ada sebuah rumah makan padang yang menyediakan makanan.maka di hampirinya warung itu.dengan harapan mendapatkan barang sesuap mkanan.tapi sayang ia tak punya uang, karena belum pernah bekerja.tapi rasa laparnya memasaknya untuk mendatangi warung.dengan harapan si pemilik warung mau mengutangi,setidaknya memberi pekerjaan sebagai bayaran.
    sesampainya di warung,dengan sok kenalnya pemilik warung berkata,’kamu punya hutang.Dengan kebingungannya,bayi dewasa itu brkata.’ Hutang apa..? akupun baru lahir dan ini kali pertama aku kemari.pemilik warung berkata,’ Seribu tahun yang lalu adam brhutang atas namamu.di tengah perdebatan dan kebingungan si bayi dewasa,datang yesus dan berkata.’Tenang bu,biar aku yang bayar hutangnya dan berlalu.pemilik warung berkata,’hutang adam atas namamu telah di bayar.berkata,’tapi saya tetap belum mendapatkan apa-apa tuk penghilang laparku.bolehkah saya berhutang, ‘boleh’ lalu siapa yang bayar, ya… kamu yang bayar dong,ma’sa tetanggamu.
    lalu bagaimana dengan bapak tadi….? ‘bapak itu sibuk ngebayarin hutang adam seribu tahun dengan bunya 100% per bulan.

  8. 9 IVAN Agustus 4, 2009 pukul 10:22 am

    Wahai para blis, apakah dengan menjadi iblis ente di jamin bahagia didunia.
    ni pengalaman gue selama mencoba berperan sebagai iblis, dengan mengumbar seluruh napsuku.tanpa perlu membatasinya.ketika ku marah pada seseorang,langsung ku jambak dan kupukulin ampe babak belur.terkadang ku belum puas juga dan tak ragu tuk membunuhnya.ketika ku jenuh ku tenggak wyski tuk meregangkan otot syarafku,membiarkan pantasiKU melayang.sampai pada titik pikiran kotorku.Kuraih kunci mtrku,dengan tak sabar kutancap gas tuk mempercepat sampai tujuan.sampailah di sebuah lokalisasi kelas murahan.mengingat peranku sebagai iblis murahan dngn ke uangan pas-pasan.tak tanggung2 ku pesan dua sekaligus tuk adegan triepple X.Puaskah diriku, ya,..aku merasa sangat puas.tapi di balik kepuasan ku,resiko perbuatan lebih besar.mengingat polisi mencariku,entah dia dari pasukan jin atau malaikat.dan pelacur yang mengidap penyakit.
    sejenak ku tersadar dengan peran iblisku.’bahagiakah diriku.
    oh raja iblis dimana dirimu…
    teringat akan firman tuhan;
    ”Sesungguhnya iblis memanjangkan angan-anganmu yng kosong….’iblis tak menjanjikan sesuatupun,kecuali angan-angan yng kosong”

  9. 10 lovepassword Agustus 7, 2009 pukul 7:23 am

    Saya rasa lumayan menarik juga membaca ini : http://ioanesrakhmat.blogspot.com/2009/07/fundamentalisme-dan-teks-teks.html
    Untuk melihat perspektif lain mengenai dosa asal menurut pakar Kristen yang lebih progressif.

  10. 11 lovepassword Agustus 7, 2009 pukul 7:29 am

    Ini juga ada link lain dari Pak Iones Rakhmat salah satu pakar Kristen Progressip http://ioanesrakhmat2009.blogspot.com/2009/05/apakah-dosa-warisan-itu-ada.html

    “Sebagai kesimpulan tulisan ini harus dikatakan bahwa dosa asal, original sin, tidak ada; yang ada adalah karunia atau rakhmat asal, original grace. Dengan demikian, semua bentuk kesusahan dan penderitaan manusia, termasuk kematian manusia, tidak dapat diasalkan pada dosa asal Adam dan Hawa, melainkan pada kodrat alamiah manusia “

    • 12 atheis Mei 19, 2010 pukul 1:50 pm

      katanya kitab suci dari tuhan ,,, kok direvisi terus??? kapan keluar Versi Perjanjian Terbaru (isinya tidak ada dosal asal yang ada adalah karunia asal)????

  11. 13 IVAN Agustus 10, 2009 pukul 5:05 pm

    sebagai kesimpulan, dosa asal itu tidak ada. bagaimana kalau dosa asal-asalan.

    • 14 atheis April 22, 2010 pukul 11:35 pm

      kesimpulan dosa asal tidak ada??? tanya kok dosa asalnya direvisi terus ??? kan katanya kitab suci dari tuhan??? jangan jangan kitab suci itu buatan manusia saja?? pakai revisi terus kalau bertentangan dengan jaman sekarang

  12. 15 IVAN Agustus 10, 2009 pukul 5:07 pm

    sebagai kesimpulan, dosa asal itu tidak ada. bagaimana kalau dosa asal-asalan.
    Dosa ko’ asal.

  13. 16 praise the lord September 12, 2012 pukul 12:33 pm

    Orang yang tidak mengerti akan selalu mencela….” Tidak kenal maka tidak sayang…” itulah kata2 yang patut untuk kalian semua….


  1. 1 Pacaran Ga Haram Kok!! « Parking Area Lacak balik pada Juli 24, 2007 pukul 10:06 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: