Tips Berhenti Merokok dari Suhu Dana

Berhubung saya lihat banyak artikel tentang merokok yang beredar di blogsphere ini. Dari yang menasehati  , ngomel, mengejek, menyindir , bahkan mengkafirkan  mengharamkan , dll lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Dan dari sekian banyak artikel yang membicarakan masalah merokok itu, sepertinya saya belum melihat ada bagaimana tips berhenti merokok itu, setidaknya tidak ada dari orang yang punya pengalaman langsung dalam berhenti merokok ini. Maka saya mengambil inisiatif untuk membagikan cara saya dalam berhenti merokok. Semoga bisa membantu para perokok untuk membangkrutkan pabrik rokok dapat berhenti merokok seperti saya ini. Kira kira sampe detik ini saya dah berhenti hampir setahun. :cool:

Baiklah, saya akan menceritakan bagaimana pengalaman-pengalaman saya dalam usaha untuk berhenti merokok, tapi ini seingat saya aja loh. Saya sebenarnya telah beberapa kali untuk berhenti merokok. Dan sungguh beruntung, akhirnya di percobaan ke tiga saya berhasil berhenti, setidaknya sampai detik artikel ini di turunkan. Dan setelah saya renungkan dengan cara seksama dan dalam tempo yang selama lamanya maka saya meperoleh suatu pencerahan dari pengalaman ke 3 pengalaman saya itu. Ya, sebuah pencerahan bahwa dari ke 3 percobaan saya untuk berhenti merokok , ternyata ada satu hal yang berbeda di setiap percobaan. Perbedaan itu adalah terletak pada motivasi untuk berhenti merokok itu sendiri. Kira kira perbedaannya adalah sebagai berikut :

Percobaan  Pertama
Motivasinya karena terpaksa akibat sakit. Dan dengan motivasi ini maka saya sukses berhenti merokok hanya ketika sakit saja. Begitu sembuh, saya langsung kalap menghabiskan sebungkus 234 dalam sekejap mata. Dan kini kusadari bahwa motivasi karena terpaksa itu memang sangat cepat hilang.

Percobaan Kedua
Motivasinya untuk menghemat uang, maklum saat itu saya masih mahasiswa yang sangat tergantung kiriman dari kampung. Dan untuk kali ini cuma bertahan selama 2 minggu aja. Berhubung karena teman teman kosan sangat baik hati, dan dengan sukarela menawarkan untuk memakai persediaan rokok mereka aja. Dan akhirnya setelah sukses menikmati rokok gratis, akhirnya sayapun jadi membeli rokok sendiri, berhubung keinginan merokok semakin intensif menghampiri. Dan jadinya saya malah lebih menjadi perokok dibandingkan sebelum berniat mengehemat berhenti merokok.

Percobaan Ketiga
Nah, pada percobaan ke tiga motivasinya adalah untuk latihan berperang melawan diri sendiri. Sebuah motivasi yang timbul oleh keinginan menantang diri sendiri, bisa tidak saya mengendalikan nafsu? Yah , saya anggap sebagail latihan untuk mencapai tingkat spiritual yang lebih tinggi. Juga merupakan kesempatan yang baik bagi saya mencoba untuk berjihad akbar menaklukkan nafsu merokok, kan pahalanya lumayan gede katanya. Maka mulailah saya memulai perang besar tersebut. Dan hasilnya, sungguh penderitaan di awal awal. Mulut selalu asam, apalagi sehabis makan, di tambah melihat teman menghisap sebatang 234 sehabis makan di dekat kantor. Uh, tanggul itu seringkali hampir jebol. Apalagi selama 3 bulan pertama dalam usaha berhenti merokok itu, maka tubuh saya jadi sakit sakitan. Bisa di katakan malah, tiap minggu saya kena penyakit, entah itu flu, sakit kepala, masuk angin, dll lagi. Tapi motivasi untuk melatih diri itu ternyata berhasil membuat saya mengatasinya. Dan setelah 3 bulan, maka tumbuh dengan sendirinya satu motivasi lagi yang dapat menolong saya berhenti merokok sampai sekarang. Motivasi tambahan ini adalah merasa rugi jika menyia-nyiakan semua penderitaan yang telah saya tempuh selama ini , hanya untuk menikmati sebatang rokok lagi.

Nah begitu kira kira pengalaman saya dalam berhenti merokok. Dan kesimpulannya adalah bahwa ternyata tips untuk berhenti merokok itu hanya satu, yakni bagaimana memotivasi diri agar punya tekad yang kuat untuk berhenti merokok. Dari pengalaman saya tersebut adalah bahwa motivasi untuk menantang dan melatih diri sendiri itu ternyata lumayan kuat, sehingga bisa membuat saya berhenti merokok sampai sekarang. Tapi jika anda mempunyai motivasi lain yang dirasa lebih tepat, silahkan sajalah. Selama motivasi tersebut dapat membuat anda untuk berhenti merokok. Semoga pengalaman saya ini dapat berguna bagi para perokok di luar sana yang ingin berhenti merokok.

Hem… sepertinya telah bertambah satu lagi motivasi bagi saya untuk terus berhenti merokok, yakni artikel ini. :mrgreen:

About these ads

83 Responses to “Tips Berhenti Merokok dari Suhu Dana”


  1. 1 Abu Kuda Al-Laahhh-caphe-degh-gw November 21, 2007 pukul 8:36 pm

    Ya..ya.. harus bisa ngerokok ya?

    biar bisa fellatio macam kasusnya Harun Yahya

    Lah, anak sd coba 234 apa nggak mabok tuh? Mendingan juga ganja. *geleng geleng*

    rokok paling enak yang pernah saya hisap… bikin lega tenggorokan

    Masalahnya sangat jarang orang yang kurang kerjaan sehingga merokok terbalik atau membungkus dengan kertas.

    tapi manjur lho… dicoba degh

    Silahkan hetrik. :P

    sangkyuu

  2. 2 Guh November 21, 2007 pukul 10:07 pm

    nambah tips supaya bisa berhenti:

    Merokok jangan cuma buat gaya, isep dikit trus cuma dipegang-pegang atau ditaruh asbak. Sudah dibeli ya harus dihisap-hisap, selama rokok menyala, jangan biarkan ada tarikan nafas tanpa disertai menghisap rokok dalam-dalam. Lakukan dengan gaya semacho dan sejantan mungkin.

    Tak cukup itu, dosisnya harus tambah terus, hari pertama sebungkus, hari ke dua harus dua bungkus, dan seterusnya :)

    Tak sampai sebulan insyaallah sudah berhasil berhenti, atau terhenti.

  3. 3 danalingga November 21, 2007 pukul 10:38 pm

    @Abu Kuda Al-Laahhh-caphe-degh-gw

    rokok paling enak yang pernah saya hisap… bikin lega tenggorokan

    ini rokok apa permen mentol? :lol:

    tapi manjur lho… dicoba degh

    Nggak bisa buat saya, soale saya kan dah berhenti merokok.

    @Guh

    Terimakasih atas saran yang dahsyat ini. Btw, udah di coba sendiri belon nih? :lol:

  4. 4 Dimas November 22, 2007 pukul 1:27 am

    Ayo kita perangi rokok!

  5. 5 zal November 22, 2007 pukul 1:34 pm

    ::setuju…, ayo kita perangi rokok, kan kalo orang ngga merokok lagi, pabrik rokok akan tutup, betuul…tidak…!!???, biar jutaan orang yang bekerja di pabrik rokok bisa menikmati nikmatnya jadi penganggur…
    ayooo perangi rokokkkk…!!!!
    *pokoknya udah ikutan promosi, rokokku 2 macam 234 dan surya pro…keh..keh..keh*

  6. 6 abah dedhot November 22, 2007 pukul 8:30 pm

    @mas zal
    …mendingan kita perangi harga rokok, agar semakin terjangkaw kalangan luas…
    …kesejahteraan pekerja pabrik rokok semakin tinggi… memberantas kemiskinan. menjauhkan kekufuran… :lol:

  7. 7 zal November 22, 2007 pukul 9:56 pm

    ::aih si abah, kumaha..damang…, makin kaya kiyai aja… :lol: kamana wae atuh si abah…

  8. 8 danalingga November 23, 2007 pukul 1:59 am

    @Dimas

    Mari. :D

    @zal

    Katanya Allah ora sare zal? :lol:

    @abah

    Perang kok doyan. :P

  9. 9 Swiwi™ November 24, 2007 pukul 9:35 pm

    *tepuk tangan*

    sepertinya, Farid dan Fajar harus membaca ini…

    udah belom ya?
    :roll:

  10. 10 danalingga November 24, 2007 pukul 10:26 pm

    Sepertinya mereka belon membaca tuh wi.

  11. 11 asfiandi November 25, 2007 pukul 4:37 am

    sudang dalam usaha niyy…;)

  12. 12 danalingga November 25, 2007 pukul 10:56 am

    semoga usahanya berhasil. :D

  13. 13 chairinahasyim November 27, 2007 pukul 11:06 am

    untunglah saya ga ngerokok, jadi ga perlu tips berhenti ngerokok :D

  14. 14 danalingga November 27, 2007 pukul 6:11 pm

    Betul, ini memang diperuntukkan bagi yang merokok rin. :D

  15. 15 Wahyu Desember 1, 2007 pukul 1:07 am

    berhenti merokok adalah impianku,semoga aku berhasil menggapai impian itu.

  16. 16 danalingga Desember 1, 2007 pukul 8:17 pm

    Semoga impiannya dapat tercapai, tentunya harus berusaha. ;)

  17. 17 pinkina Desember 12, 2007 pukul 9:07 am

    Selamat
    /*yg benci asap rokok

  18. 18 danalingga Februari 10, 2008 pukul 11:47 pm

    Sama-sama. *baru sadar ternyata ada komen baru*

  19. 19 muhammadiman April 5, 2008 pukul 8:15 pm

    Kami membutuhkan 25 orang untuk mengikuti program QSWEFT Gratis + Bunus lagi , Program ini senilai Rp 2 jt, dijamin akan berhenti seketika. Silakan mendaftar. Tinggal beberapa orang lagi.

  20. 20 danalingga April 5, 2008 pukul 8:46 pm

    Tuh, yang mo berhenti merokok silahkan daftar. Mumpung gratis.

  21. 21 mohd April 30, 2008 pukul 11:49 pm

    kempen berhenti merokok anda berduit… super detox terbukti berkesan. produk berkualiti hanya di wwww.desqclub.com

  22. 22 jco Mei 23, 2008 pukul 4:02 am

    wah bro Salut..deh saya juga lagi berusaha keras berhenti rokok dan saya menjadi tertantang setelah membaca percobaan ketiganya..untuk melatih berperang terhadap keinginan daging/ hawanafsu diri saya sendiri. terima kasih ya karena sudah berbagi dan sangat memberkati hidup saya. tetap berjuang ya sampai Garis finish…Cayooo hehehehe

    GOD BLESS You

  23. 23 jasmi Juni 3, 2008 pukul 3:35 am

    mas kalo nanti ngrokok lagi, bikin postingannya ya
    nanti saya yang petramax… senasib….!!!!

  24. 24 blogmyblog Agustus 5, 2008 pukul 2:44 pm

    terima kasih..saya suda lama merokok,niat memang mau berhenti..akan saya cuba teknik tuan

  25. 25 aryf Oktober 30, 2008 pukul 12:53 am

    aku ikut bang tiga aja ahh..
    lagian om dana kan baek hati.
    suka nyediain asbak buat rokok`ers.
    biar ga nyampah sembarangan :-)

    *lewat tgh mlm, bebas iklan rokok *

    …rokok Mode on

  26. 26 aryf Oktober 30, 2008 pukul 12:54 am

    sori bang toga..kseleo lidah. amper ketelen puntung rokok :-D

  27. 27 ugun celong Maret 8, 2009 pukul 9:29 am

    wahhhhhhhh
    saya masih peroko nih om
    udah berapa kali sih saya niat
    namun waduh gak tahan nih
    klo nongkrong di wc tanpa roko perasaan ada yg kuran aja
    blom lagi klo ga ngeroko langsung jadi bingung
    rekor terakhir sih saya gak ngeroko selama 2 hari
    dan itu tuh udah stress
    bantu saya dong om

  28. 28 DENY CHANDRA Februari 3, 2010 pukul 8:33 am

    merokok harus di haramkan biar tutup pabrik rokok

  29. 30 Dyna Agustus 26, 2011 pukul 5:45 am

    Makasih ya infonya..boleh tuh dicobain…

  30. 31 w.h.y Januari 27, 2012 pukul 4:19 pm

    emang ada sesuatu dengan ni rokok….tapi semuanya intinya adalah niat. kapan mo berhenti ya bisa saja. memang benar pas stop malah jadi sakit2an. namanya aja ketagihan gan..:P


  1. 1 Tips Mencari Tuhan « Br4inst0rming’s Lacak balik pada November 19, 2007 pukul 8:44 am
  2. 2 My Beloved Brothers & Sisters…Please Stop Smoking « Yang Mengenal Dirinya, Mengenal Tuhannya Lacak balik pada November 23, 2007 pukul 3:57 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

November 2007
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: