Kisah Adam Dan Hawa

Dari sudut pandang lain
Kali ini saya ingin menulis tentang kisah Adam dan Hawa dari sudut pandang yang saya pahami. Jadi Tulisan ini hanya subjektif dari sudut pandang saya yang kebetulan telah di cekokin ajaran mistik dari berbagai agama.

Sebagaimana kita ketahui bersama kalo kisah adam dan hawa ini ada di 3 agama besar yakni yahudi, kristen, dan islam. Di mana kisahnya secara literal merupakan dongeng penciptaan manusia, dan kemudian tentang mengapa manusia itu akhirnya terdampar di bumi yang penuh derita ini *sigh*. Terus terang saja saya kadang pengen memaki Adam kenapa sih dia tergoda ama Hawa, sehingga harus meninggalkan surga yang dalam bayanganku sih tempat yang paling enak. Gimana nggak enak jika kita bebas mengumbar nafsu tanpa takut akan dosa (ini surga versi katanya loh ya).

Tapi itu dulu, ketika saya memahami kisah Adam dan Hawa hanya literal, sekarang setelah saya punya pemahaman laen sepertinya tidak perlu menyalahkan yang di luar diri , apalagi Adam yang entah siapa dan kapan hidupnya itu.

Adapun Kisah yang saya pahamin dari kisah Adam dan Hawa adalah sebagai berikut:

Adam adalah yang di sebut dalam agama sebagai tiupan roh dari Allah, citra Tuhan, dll lagi sebutan yang berbau Tuhan. Jadi adam itu adalah sisi keilahian dari manusia.

Hawa adalah nafsu yang tentu saja telah kita maklumi bersama sebagai sebab utama yang menyebabkan manusia mempunyai kehidupan yang sulit, atau bisa juga di sebut sebagai jauh dari surga.

Jadi dari pengertian adam dan hawa di atas, mari kita tinjau kisah penciptaan manusia, tampaknya ketika hanya adam aja yang ada maka hidup manusia menjadi monoton seperti malaikat, tidak bisa bersenda gurau, maka pada akhirnya hawa diciptakan sebagai temannya adam. Nah di saat terciptanya hawa ini sebagai temen adam, maka lahirlah yang so called dualitas itu. Di mana jika ada terang ada gelap, ada baik ada buruk, dsb. Maka di mulailah kehidupan manusia seperti yang kita alami sekarang ini.

Dan mengenai kisah adam di goda hawa sehingga di usir dari sorga, hingga jatuh ke dunia (akhirnya mencicipi neraka). Dapat di artikan sebagai sifat ilahi manusia (sang adam) tergoda untuk menuruti nafsu (sang hawa), dan tebak saja apa yang terjadi ketika manusia menjadikan nafsu sebagai tuannya. Suatu penderitaan yang tak berujung, yang bahasa kerennya kita sebut neraka jahanam.
Dari kisah adam dan hawa itu, dapat di tarik hikmah bahwa sifat keilahian dan nafsu itu sudah built in dalam diri manusia, dan itulah yang menyebabkan kita menjadi manusia. Nah sekarang masalahnya bagaimanakah hubungan antara adam dan hawa ini agar kita bisa menikmati yang namanya surga dan jauh dari neraka?

Agar kita dapat senantiasa menikmati surga dan terhindar dari neraka adalah dengan menempatkan adam sebagai pemimpin bagi hawa (sepertinya mirip kisah mengapa pria harus memimpin perempuan – yg sayangnya sering diartikan secara literal ) , jadi sifat keilahian manusialah yang mengarahkan nafsu kita. Seperti kisah krisna (ilahi) yang mengekang kuda perang (nafsu) sang arjuna (manusia).

Oh iya, satu lagi jangan salahkan adam jika kamu menderita di dunia ini. :P

About these ads

170 Responses to “Kisah Adam Dan Hawa”


  1. 2 Sodomer Agustus 13, 2011 pukul 3:06 pm

    Mksdnya anda bikin blog ini?dgn tulisan yg sedikit menyesatkan tentang surga…THIS IS ONE OF GAY MOVEMENT…SNAKE…!!!

  2. 3 Zack Pasaribu September 1, 2011 pukul 2:18 pm

    seandai ny aku seperti adam pa yg aku
    perbuat

  3. 4 imanbastian Oktober 11, 2011 pukul 9:57 pm

    Apa benar Adam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah?, dari pertanyaan Malaikat kepada Allah sepertinya Malaikat tahu bahwa manusia itu ada juga yang bersifat yang merusak, menumpahkan darah, sedangkan Allah baru akan menciptakan Adam? apa ada penjelasan dari Alquran / Hadist mengenai ini? apakah ada hubungan dengan teori Darwin atau teori evolusi? ataukah hanya cukup untuk di imani saja? thanks

  4. 5 Hamba Allah Oktober 15, 2011 pukul 5:13 pm

    bacalah kisah Adam dan Hawa dari sudut pandangan islam . Hawa tidak menggoda Adam . Syaitan yang menghasut Adam dan Hawa memakan buah Khuldi sehingga Allah mencampakkan mereka keluar dari Syurga . Dan bila didunia mereka telah dipisahkan oleh Allah . Nabi Adam dan Hawa bertaubat atas perbuatan mereka yang mengingkari perintah Allah . Akhirnya mereka dipertemukan di Jabal Rahmah dengan izin Allah setelah beberapa tahun lamanya dipisahkan . Hawa tidak seperti yang anda sangkakan . Allah mencipta Hawa sebagai pendamping Adam malah apa yang terjadi bukanlah satu hukuman berat bagi kita umat manusia . Malah segala yang terjadi ada hikmah disebaliknya . Sekiranya Hawa tidak cipta maka tiadalah kita didunia . dan hidup seorang lelaki tidak akan sempurna dan kesepian tanpa perempuan . bacalah kisah pertemuan Adam dan Hawa dari sudut dan sumber yang tepat dan betul . jangan beri pandangan anda tanpa mengetahui kebenaran sesuatu perkara kerana anda melanggar sensitivi agama . terima kasih .

  5. 7 Takas sasik Oktober 24, 2011 pukul 11:52 am

    Saya setuju dengan hambah Allah”
    kita tidak boleh mengambil pendapt yg belum kita ketahui’

  6. 8 silfi Oktober 25, 2011 pukul 2:21 pm

    Allah menciptakan Manusia, Iblis dan Malaikat
    Iblis adalah mahluk yang sombong dan dimurkai oleh Allah
    Malaikat adalah mahluk yang selalu mengikuti perintah Allah
    Manusia yang diciptakan pertama oleh Allah adalah Adam

    ketika adam diciptakan Allah SWT memerintahkan Iblis dan Malaikat untuk sujud pada adama (manusia) semua tunduk kecuali Iblis… karena Iblis merasa lebih tinggi derajatnya dari manusia
    maka Allah mengusir Iblis dari surga karena kesombonganya… dan iblis akan ditempatkan di neraka untuk selamanya… tapi iblis meminta izin kepada Allah untuk selalu menggoda manusia agar melakukan kerusakan di bumi. kemudian Allah mengizinkannya, karena Allah ingin menguji keimanan manusia terhadap-Nya.

    Di surga Adam merasa kesepian maka Allah menciptakan Hawa untuk menemaninya di surga… Allah mengizinkan Adam dan Hawa untuk menikmati seluruh yang ada di surga, tapi tidak mendekati pohon Khuldi.

    pada saat itu Hawa melihat pohon Khuldi, maka datanglah iblis untuk menggoda Hawa agar mengajak Adam memakan buah Khuldi, karena itu adam dan Hawa tergoda dan melanggar perintah Allah untuk tidak mendekati Pohon Khuldi

    Allah Murka dan mengeluarkan Adam dan Hawa dari surga dan menurunkan mereka ke bumi…. dari inilah adanya manusia perta di bumi.. kemudian Adam dan Hawa memohon ampun pada Allah dan Allah yang Maha Penganpun dan Penyayang memberi ampunan pada mereak

    di bumi Hawa melahirkan banyak Anak atas izin Allah… salah satu anak adam di goda oleh Iblis untuk membunuh saudaranya… maka inilah untuk pertma kalinya manusia membuat kerusakan di bumi ini karena di goda oleh Iblis..

    untuk lebih jelasnya baca Al Qur’an… jangan hanya pakai logika sendiri…

    wallahu bishawab……

  7. 11 rafli Oktober 31, 2011 pukul 4:40 pm

    ngak bebener nih

  8. 12 kondom November 7, 2011 pukul 3:30 pm

    si hawa BUNTING dooooong…….

  9. 13 pengelana November 11, 2011 pukul 12:38 am

    Kita diberi fikiran untuk berfikir, tdk ada salahnya untuk mencari kebenaran itu dengan logika tdak hanya dngan keimanan semata, bukankah kebenaran itu harus kta cari?? Terkadang timbul pertanyaan yg menglitik dipikiran saya, jika adam dan hawa diciptakan dari tanah ,terus dia pernah hidup di sorga.., berati sorga itu bersifat fiskl/nyata,bkan alam roh, karena adam /hawa sendiri bersfat fisik karna terbuat dari tanah! karna tdk munkin orang yg brsift fisk hidup dialam yang berbeda. Terus dia hidup di sorga yang mana?

  10. 14 ULAR November 11, 2011 pukul 3:50 pm

    ajaran mistik??apalagi adam yg entah siapa dan kapan hidupnya itu..??dll..
    hahaha..adam&hawa versi atheist&penyesat&homo pula…!!!

  11. 15 tambunan November 15, 2011 pukul 4:51 pm

    merugilah orang yang ga mau berpikir!! kitab suci salahsatu pedoman utk kebebasan berpikir..jadi sah saja digali dg cara pikir modern..yg ortodok aja mgkn ga nrima…ga hayat…

  12. 16 cyrus Desember 3, 2011 pukul 9:27 am

    dalam wawasan yg anda punya dari mna kah Allah tau bahwa adam dan hawa memakan buah ntu, dan tau bahwa hawa yg mnggoda adam ntuk memakan na juga atas perintah ibliss???

  13. 17 alay Desember 17, 2011 pukul 6:04 pm

    adam:mahluk tuhan yg diwarisi 18 sift krobbian maka dari itu adam dsbt ciptaan yg smpurna…..
    hawa:mahluk baru yg dciptakan dri tulang rusuk adam yg bengkok untuk menemani kesepian sang adam…

    khuldi:sesuatu yg dilarang keras oleh Allah untuk di dekati apalagi dmakan atau sbgainya…

    Allah hanya pengen tau!!seberapa besar keimanan dan ketakwaannya padaNYA dan sberapa besar cinta dan kasih sygnya kpdNYA..

    ternyata sang adam hanya mementingkan diri sendiri dan bertuhankan siti hawa maka dri itu Allah murka…dan menurunkan adam dan hawa dri surga yg penuh dgn dzat-dzat ilahi

  14. 18 firdaus Februari 9, 2012 pukul 7:52 am

    Yup,kakekku adam diciptakan Allah krn Dia ingin melihat seperti apa rasa syukur orang2 yang mengaku sebagai manusia saat ini. “Waliyatalataf walaa yus’iran nabiikum ahada” Allah SWT menciptakan manusia mulai dari adam sampai kita skrg ini mudah saja hanya dgn sekali “kun”.

    Temukanlah jati dirimu yang sebenarnya maka akan mudah bagimu untuk memahami dan mengerti mengapa adam diciptakan dan di utus ke alam fana ini.

  15. 19 ki ageng mbaderan Maret 8, 2012 pukul 8:31 am

    apapun yang namanya sejarah sebaiknya diambil hikmah karena sejarah merupakan rangkaian peristiwa dimasa lalu yang kita sendiri tidak menyaksikan langsung. dan khusus masalah adam dan hawa berbagai agama telah menuliskan kisah tersebut yang notabene ada perbedaan penafsiran atau persepsi. bagaimanapun hebatnya tafsir itu bukanlah kebenaran yang hakiki karena tafsir adalah hasil pemikiran orang perorang jadi jangan menyalahkan pendapat si A berdasarkan pendapat si B nanti di pikiran kita menjadi tempat beradu pendapat yang akhirnya menjadi tempat sampah seperti di area kuru kasetra tempat pandawa dan kurawa berperang. kurawa kalah dan pandawa meninggalkan kuru kasetra yang penuh dengan bangkai. apa diri kita mau sebagai kuru kasetra yang hanya menerima dampak kerusakan? marilah kita renungkan sekarang apa yang telah kita perbuat dalam kehidupan kita sehari-hari apakah kita telah mengabdi kepada Tuhan telah sesuai dengan kehendakNya? bagi saya secara pribadi bahwa puncak pengabdian manusia kepada Tuhan itu apabila KITA TELAH MAMPU MENERAPKAN SIFAT-SIFAT TUHAN DALAM KEHIDUPAN NYATA. sebagaimana sabda yang secara bebas saya artikan rosul berbudi pekertilah sebagaimana Alloh berbudi pekerti. berbuatlah sebagaiman Alloh berbuat. semoga sedikit yang saya sampaikan ini dapat untuk kita renungkan sejenak dan ada manfaatnya. wasalam

  16. 21 rudi Maret 12, 2012 pukul 3:38 pm

    Saya percaya bahwa Adam tercipta dari proses “Kun faya kun” nya Allah Taala dan ada “unsur” keilahian didalam diri Adam. Ada ahli yang mengatakan usia manusia purba lebih tua dari usia adam, lalu bagaimana disebut adam manusia pertama? Maka saya punya suatu kesimpulan:
    1. Allah menciptakan Adam yang pertama ada “unsur” keilahiannya, tidak pada mahluk sebelumnya yang mirip manusia dan mengalami evolusi.
    2. Tengkorak “manusia purba” yang ditemukan sebenarnya adalah kera yang berjalan tegak dan mirip manusia, sebagai ujian bagi manusia mana yang percaya dengan ayat Tuhan mana yang tidak.

    Kata “unsur” yang saya gunakan perlu pembahasan. Untuk teman- teman yang paham maksud saya syukurlah, kalau yang belum mohon pengertiannya untuk menghargai pendapat.

    Mengomentari bapak pembuat blog ini, saya bersyukur Adam dan Hawa “turun” dari surga. Kalau tidak terjadi peristiwa “buah kuldi” tentu kita semua tidak pernah akan lahir. Dan saya adalah salah satu yang pernah memakan “buah kuldi” itu. He he he …

  17. 22 mousliem Mei 5, 2012 pukul 7:40 pm

    hmmm… trnyata lain dg cerita pa’ene aku. wkwkwkwk…

  18. 23 nurul Oktober 11, 2012 pukul 1:52 pm

    SOK TAU JADI ORAAANG!!!! sebaiknya kunci saja mulutmu kalo memang taunya hanya sedikit!!! jangan asal membuat tulisan,karna bisa jadi tulisanmu itu bisa menyesatkan banyak jiwa!!!! memangnya kamu pernah hadir dalam penciptaan adam dan hawa??? makanya kamu lancang sekali menceritakan sesuatu yg belum tentu kebenarannya!!! kasian sekali siiih kamu kaya’nya kamu lebih pantas tinggal di RSJ !!! Krna hanya org gila saja yg punya pemikiran seprti kamuu!!!!

  19. 24 lintar Oktober 18, 2012 pukul 7:38 pm

    ayo podo sholat…ojo podo ngobrol ae…………

  20. 25 masrun November 7, 2012 pukul 9:15 pm

    intinya yang perlu di kaji adalah,semua asal yang lahir di bumi ini adalah makhluk allah yang sama,cuma berbeda bentuk. maksud adalah,mengapa kelahiran manusia aja yang sering kita bahas,hingga saling berselisih paham,apa itu semua betul,,! .bagaimana pula sejarah asal lahirnya kera / anjing atau hewan lainnya yang menyerupai akal manusia,apa mereka juga tidak ikut masuk surga…. mohon renungkan sejenak.

  21. 26 via Januari 14, 2013 pukul 5:14 am

    saya kurang setuju dengan postingan ini. sangat salah apabila hawa menderita karena sang adam.

  22. 28 orang gila Maret 22, 2014 pukul 7:52 am

    untung aku mampir di blog ini,,,, bagus banget jadi adalah sebuah unsur dalam manipestasi tuhan ke dalam di diri adam yang kemudian menjadi khalifah pertama di muka bumi,,,,


  1. 1 Pertanyaan Kepada Imam Ali « Inilah Jalanku Lacak balik pada Mei 4, 2008 pukul 12:21 am
  2. 2 Kepintaran Ali « Euphoria Encarta Lacak balik pada Agustus 1, 2010 pukul 12:02 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Juni 2007
S S R K J S M
    Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: