Hanya agamaku yang benar ???

Di tulisan kali ini saya ingin membahahas tentang dua agama semitik, yang sebenarnya masih sodara kandung.:mrgreen: Namun sayang seribu sayang karena para penganut ke dua agama ini sama-sama mengklaim mereka yang paling benar. Sehingga merasa sah-sah aja untuk memerangi satu sama lain, wong sama-sama merasa membela Tuhan yang benar.Dan ternyata masing-masing punya justifikasi dari Kitab Suci yang mereka percaya, yang isinya :

Yohannes 14:6

Kata Yesus kepada Tomas : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang dating kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. “

Q.S. Ali Imran [3]:19

Sesungguhnya agama di sisi Allah Islam.

Dari kedua kutipan ayat kitab suci di atas, dapat dijadikan justifikasi bahwa agama merekalah yang paling benar. Wong jika di artikan tanpa melihat yang tersirat sih emang kedua ayat tersebut menggambarkan bahwa memang agama merekalah yang dapat membawa manusia menuju sang kebenaran dan di akui Tuhan.🙂

Nah saya ingin mengupas makna dari kedua ayat tersebut secara subjektif dari perspektif lain , biar pada nggak gontok-gontokan. Yah minimal mereka jadi sibuk gontokin saya, sehingga lupa saling gontok-gontokan.😛

Begini kupasan saya :

Yohannes 14:6

Kata Yesus kepada Tomas : “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. “

Untuk mengartikan ayat ini maka marilah kita pahami bahwa inilah ucapan Yesus yang punya jabatan sebagai utusan dari Tuhan, dan sudah sedemikian mengenal Tuhan sehingga ucapannya bisa di artikan sebagai kebenaran itu sendiri ( sehingga umat Kristen melihatnya sebagai Tuhan itu sendiri ). Jadi ketika ucapan ( baca ajaran ) yang di berikan Yesus adalah langsung berasal dari Tuhan, maka tentu saja benar bahwa hanya melalui apa yang diajarkan Yesus lah kita bisa sampai kepada Tuhan. Jadi yang di maksud Aku di sini adalah Yesus sebagai penunjuk jalan menuju Tuhan, wong emang saat itu Yesus memang sebagai satu-satunya petunjuk jalan yang benar bagi orang di sekitarnya. Jadi Aku ini bisa di sematkan kepada semua utusan Tuhan penunjuk jalan  kepada Tuhan itu sendiri. Termasuk semua nabi tentunya. Konsekuensinya Nabi Muhhamad dan termasuk juga orang setelah dia yang menjadi penunjuk jalan tersebut dapat di sebut si Aku.    

Q.S. Ali Imran [3]:19

Sesungguhnya agama di sisi Allah Islam

Untuk ayat ini, maka perlu kita sadari bahwa semua Nabi sebelum Nabi Muhammad juga beragama Islam dan mempunyai syariat (baca ritual) masing-masing, tapi sama-sama berpaham Tauhid. So jelas Kristen yang sebenar-benarnya Kristen juga bisa di sebut Islam. Hm… buat umat Islam jangan bangga dulu dan menjudge bahwa umat Kristen sekarang ini bukan sebenar-benarnya Kristen, anda juga harusnya berkaca , sebab walau anda mengaku Islam tapi belon tentu anda yang di sebut sebenar-benarnya ber agama Islam. Sebab Islam itu pada esensinya adalah orang yang telah berserah diri kepada Nya , bukan di lihat dari ktp klaim saja. Jadi semua orang apapun latar belakangnya layak di sebut ber agama yang di sisi Allah tersebut yakni agama Islam, jika memang dia telah berserah diri kepada Tuhan.

Begitulah saya memandang kedua ayat tersebut, sehingga sampai saat ini saya nggak pernah merasa salah satu jalan saja yang menuju kepada Nya. Seperti pernah saya tulis di sini. Yah saya hanya sekedar menyampaikan alternatif aja, terserah para pembaca mensikapinya.

Akhir kata saya ucapkan Haleluya dan Alhamdulillah. Damai di bumi, damai di batin.

162 Responses to “Hanya agamaku yang benar ???”


  1. 1 puskom Desember 19, 2009 pukul 5:58 am

    Gitu adja koq repot. Kalo TUHAN itu ada, tanya adja ama yang punya dunia ini. Cara-nya pake cara agama ente masing2 je. Klo TUHAN ADA dan BERKEHENDAK pasti akan datang menjawab je! Akur khan! Sendiri yang mengalami dan merasakan sehingga tahu mana yang BENAR. Akur khan! Gitu adja koq repot.

  2. 2 nalar Agustus 14, 2010 pukul 11:30 am

    @Daud : Pendeta Nasranilah yang memberitahu paman nabi Muhammad bahwa dia harus menjaga beliau karena kelak ketika besar dia menjadi utusan Allah.Dia mempuyai mukzizat selalu dilindungi awan tiap dia berjalan kan di Arab panas bgt.Mukzizat terbesar nya itu ya Al Quran.karena Al Quran ga pernh bertentangan dengan ilmu pengetahuan,malah Al Quran menyuruh umatnya untuk mencari ilmu sedalam-dalamnya.Ingat Galileo Galilei? Dia pernah diblg kafir sm pemimpin katolik saat itu karena ungkapannya yang bilang bhw bumi itu bulat (hasil pengamatan dr telur yg jatuh kalo trh di meja).SEkarang terbukti kan kalo bumi emang bulat?Knp ajaran kristen saat itu bersikeras bhw bumi tuh datar?kalo soal perang,dalam islam emang kita kuduwajib melawan kalo kita dizalimi,shg kita tidak menjadi bangsa ygtertindas.Dan setelah islam msk ke Indonesia dari Islam lah akhirnya pejuang-pejuang kita berani melawan penjajah Belanda drpd terus manut.Kalo untuk kawin terus emang nabi sebelum nabi Muhammad cm pny satu isteri? Nabi Ibrahim yg dibilang bapak segala bangsa jg punya banyak isteri,dari keturunan arab,yahudi atau lainnya.Kalo Nabi Isa emang ga punya isteri,wong dia perjaka tulen.Gitu aja,silakan direnungkan dengan nalar ( baca deh analisa Jeffrey Lang tentang pencarian agamanya ).

  3. 3 gitu aja repot November 2, 2010 pukul 2:05 pm

    Dari pada repot2 bahas agama makin gak benar, ga usah paksa2 orang percaya agama kita.
    Jalani masing-masing kehidupan beragama kita.
    Cuma yang aku tahu kita kan satu bangsa yaitu bangsa indonesia, jadi kita harus bersama-sama jaga bangsa kita, jangan sampai terpecah-belah, biar jadi negara yang sejahtera.

    Kalo ada yang mau komentar, silahken…

  4. 4 Penginapan di jakarta Februari 26, 2011 pukul 1:58 pm

    SETIAP ORANG PASTI MENPERCAYAI AGAMA NYA adalah yang paling benar .. .;-)

  5. 5 Penginapan di jakarta Februari 26, 2011 pukul 1:59 pm

    jadi bagaimana untuk menyatukan manusia agar ke dalam jalan yang benar dan agama yang paling benar ,,,😉

  6. 6 ibnu kabul Mei 18, 2011 pukul 10:10 am

    setuju, dengan penjelasan anda

  7. 7 ibnu kabul Mei 18, 2011 pukul 10:12 am

    Islam adalah Penyerahan kepada Allah. Yesus adalah Sang Kalimatullah, sedangkan Muhammad adalah Nabi sang Utusan Allah ,kedua ayat itu adalah benar

  8. 8 muhammad rizky Oktober 18, 2012 pukul 2:42 pm

    sebenarnya anda telah memposting sesuatu yang menyinggung islam. anda tdk bisa begitu saja mentafsirkan ayat dari Al-Qur’an dengan pengetahuan seperti “orang awam” (memang)

  9. 9 mail order brides November 12, 2012 pukul 9:14 pm

    You need to take part in a contest for one of the greatest websites online.
    I am going to recommend this web site!

  10. 10 Saery KH Desember 24, 2012 pukul 10:43 pm

    @mrleking:aq setujuh kata2mu

  11. 11 mouvlhy Januari 1, 2013 pukul 10:26 pm

    Yang merasa bahkan belum tentu

  12. 12 wulangp05 November 14, 2016 pukul 2:45 pm

    Menarik tulisannya, coba dibahas juga jalan menuju kebenaran dari agama lain, seperti Yahudi, Hindu, Buddha, dsb.🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Juni 2007
S S R K J S M
    Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: