Marilah : Saatnya Kita Bersyukur

 

Marilah kita nikmati sebuah ungkapan rasa syukur dari St. Fransiskus Asisi, seorang yang telah mencapai kemuliaan  , dikarenakan kejujurannya . Resapi ucapan syukur dan  semoga kita juga menjadi orang yang bersyukur, wahai mahluk yang sedang berebut benar  , yang sudah berpikir mau menikah  , yang hendak melancong  , yang  sedang berserah diri  , yang menyelami sufi jawa  , yang kristiani , yang berbagi senyum , yang sedang menikmati asrama barunya  , yang senang berpuisi , yang menyejukkan , yang senang bercerita aneh , yang lagi berusaha menang lomba , dan yang lainnya juga dah capek ngetiknya😛 .  Silahkan dinikmati:mrgreen: :

Canticle of The Sun

Most high, all-powerful, all good, Lord!
All praise is yours, all glory, all honor
And all blessing.
To you alone, Most High, do they belong.
No mortal lips are worthy
To pronounce your name.

All praise be yours, my Lord, through all that you have made,
And first my lord Brother Sun,
Who brings the day; and light you give to us through him.
How beautiful is he, how radiant in all his splendor!
Of you, Most High, he bears the likeness.

All praise be yours, my Lord, through Sister Moon and Stars;
In the heavens you have made them, bright
And precious and fair.

All praise be yours, My Lord, through Brothers Wind and Air,
And fair and stormy, all the weather’s moods,
By which you cherish all that you have made.

All praise be yours, my Lord, through Sister Water,
So useful, lowly, precious and pure.

All praise be yours, my Lord, through Brother Fire,
Through whom you brighten up the night.
How beautiful is he, how gay! Full of power and strength.

All praise be yours, my Lord, through Sister Earth, our mother,
Who feeds us in her sovereignty and produces
Various fruits with colored flowers and herbs.

All praise be yours, my Lord, through those who grant pardon
For love of you; through those who endure
Sickness and trial.
Happy those who endure in peace,
By you, Most High, they will be crowned.

All praise be yours, my Lord, through Sister Death,
From whose embrace no mortal can escape.
Woe to those who die in mortal sin!
Happy those She finds doing your will!
The second death can do no harm to them.
Praise and bless my Lord, and give him thanks,
And serve him with great humility.

Dan rasa syukur sebesar-besarnya atas mahlukNya yang bernama Dimas, sehingga lahirlah terjemahan yang indah ini : 

Tuhan!, Yang Maha Tinggi, Yang Maha Besar, Yang Maha Benar
Segala puji bagi-Mu, Segala kemuliaan, segala kehormatan
Dan segala rahmat
Hanya kepada-Mu, Yang Maha Tinggi, segalanya kembali.
Tiada ucapan yang layak
Untuk menyebut nama-MU

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, atas segala yang Engkau ciptakan,
Dan untuk sahabatku Sang Surya,
Yang mendatangkan hari, dan memberikan cahayanya melalui-Mu.
Betapa indahnya Ia, betapa agungnya sinar-Nya!
Engkau, Yang Maha Tinggi, Ia menaungi kebersamaan

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui saudaraku bulan dan bintang-bintang;
Engkau menciptakan kecermerlangannya di langit
Dan dengan bernilai dan adil

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku angin dan air,
Dan badai dan hari yang cerah, semua keinginan sang cuaca,
yang melalui ciptaan-Mu Engkau memberikan keceriaan

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku air,
Sungguh bermanfaat, penuh dengan kerendahan, dan kejernihan.

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku api,
Melalui mereka Engkau terangi malam hari.
Betapa indahnya Ia, bersinar! penuh dengan kekuatan.

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku bumi, ibundaku,
Yang memberi kami makan dengan daulat dan berbagi hal yang ia hasilkan.
Berbagai buah-buahan dengan warna-warni bunga dan tumbuh-tumbuhan.

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, yang menganugerahi ampunan
Yang meraih cinta dari-mu; melalui mereka yang telah memikul penderitaan dan cobaan.
Berbahagialah bagi mereka yang memikulnya dengan kedamaian.
Melalui-Mu, Yang Maha Tinggi, mereka akan dikaruniai mahkota.

Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku kematian,
Yang memeluknya akan mampu untuk melewatinya.
Sengsaralah mereka yang mati dalam dosa besar!
Bahagialah dia yang telah menemukan keinginan-Mu!
Kematian kedua tidak dapat menyakiti mereka.
Terpuji dan terberkatilah Tuhanku, dan bersyukurlah kepada-Nya,
Dan layani Ia dengan penuh kerendahan hati.

Terimakasih ya Tuhan.

32 Responses to “Marilah : Saatnya Kita Bersyukur”


  1. 1 Shelling Ford Juli 7, 2007 pukul 10:06 am

    alkhamdulillah…
    nah, saya sudah bersyukur…😉

  2. 2 abdulsomad Juli 7, 2007 pukul 10:11 am

    Assalamualaikum wr wb
    ALHAMDULILLAAH…
    Saya joega
    he he he he
    ALHAMDULILLAAH lagi
    masih dikasih ALLAH nikmat boeat tertawa….
    he he he he

  3. 3 danalingga Juli 7, 2007 pukul 11:08 am

    @joe a.k. shelling ford

    alhamdulillah, Allah memang maha kasih.:mrgreen:

    @wak abdulsomad

    Walaikum salam wr. wb.
    Alhamdulillah, untuk segala nikmat yang berlimpah.😀

  4. 4 jejakpena Juli 7, 2007 pukul 11:50 am

    Nice words, Mas😀
    Ya, mari perbaiki kesyukuran kita…

    btw, ahem… benarkah saya se-menyejukkan itu?:mrgreen:

    -Makasih untuk link yang udah nyangkut ^^; –

  5. 5 danalingga Juli 7, 2007 pukul 12:26 pm

    Ya, marilah kita semakin menyadari rahmatNya, agar senantiasa bisa bersyukur dengan iklas.

    Iya, hiruta itu menyejukkan seperti AC. Kekekeke…..

  6. 6 jejakpena Juli 7, 2007 pukul 12:54 pm

    Iya, hiruta itu menyejukkan seperti AC. Kekekeke…..

    Graaa…👿
    *langsung timpuk pake AC*
    *puwass saya* 😆

    Errr… tiba-tiba kepikiran, menjaga kesyukuran itu sulit kan ya, pas rasa syukur kita naik turun, trus membaik lagi, trus down lagi, itu bisa dibilang kita mempermainkan `kesyukuran` gak ya?🙄

  7. 7 bat man Juli 7, 2007 pukul 1:46 pm

    puji tuhan – halelyuyaaaaahhhhhhhhhh……………, argh!

  8. 8 Neo Forty-Nine Juli 7, 2007 pukul 1:58 pm

    Syukur syukur. saya bisa pulang dan ngeblog lagi…………..

  9. 9 danalingga Juli 7, 2007 pukul 2:17 pm

    @ hiruta

    wah kalo menurut teori saya, itu sih manusiawi.:mrgreen:

    Rasa syukur yang terus menerus mungkin bisa kita dapatkan jika sudah memandang musibah sebagai rahmat. Sulit memang…..

    *terpana melihat hiruta bisa melempar AC, kan berat😛 *

    @bat man

    heh….

    049

    syukurlah.:mrgreen:

  10. 10 watonist Juli 7, 2007 pukul 7:35 pm

    syukur … sabar …
    satu hal sama … tetapi dilihat dari sudut yang berbeda🙂
    *mabok :D*

  11. 11 danalingga Juli 7, 2007 pukul 8:36 pm

    weleh, ada yang mabok. Tapi mabok apaan dulu nih?😀

  12. 12 watonist Juli 7, 2007 pukul 8:52 pm

    mabok cinta😛

  13. 13 danalingga Juli 7, 2007 pukul 9:00 pm

    kekekeeke…. Selamat jika begitu.:mrgreen:

  14. 14 Dimas Juli 7, 2007 pukul 9:55 pm

    Tuhan!, Yang Maha Tinggi, Yang Maha Besar, Yang Maha Benar
    Segala puji bagi-Mu, Segala kemuliaan, segala kehormatan
    Dan segala rahmat
    Hanya kepada-Mu, Yang Maha Tinggi, segalanya kembali.
    Tiada ucapan yang layak
    Untuk menyebut nama-MU

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, atas segala yang Engkau ciptakan,
    Dan untuk sahabatku Sang Surya,
    Yang mendatangkan hari, dan memberikan cahayanya melalui-Mu.
    Betapa indahnya Ia, betapa agungnya sinar-Nya!
    Engkau, Yang Maha Tinggi, Ia menaungi kebersamaan

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui saudaraku bulan dan bintang-bintang;
    Engkau menciptakan kecermerlangannya di langit
    Dan dengan bernilai dan adil

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku angin dan air,
    Dan badai dan hari yang cerah, semua keinginan sang cuaca,
    yang melalui ciptaan-Mu Engkau memberikan keceriaan

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku air,
    Sungguh bermanfaat, penuh dengan kerendahan, dan kejernihan.

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku api,
    Melalui mereka Engkau terangi malam hari.
    Betapa indahnya Ia, bersinar! penuh dengan kekuatan.

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku bumi, ibundaku,
    Yang memberi kami makan dengan daulat dan berbagi hal yang ia hasilkan.
    Berbagai buah-buahan dengan warna-warni bunga dan tumbuh-tumbuhan.

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, yang menganugerahi ampunan
    Yang meraih cinta dari-mu; melalui mereka yang telah memikul penderitaan dan cobaan.
    Berbahagialah bagi mereka yang memikulnya dengan kedamaian.
    Melalui-Mu, Yang Maha Tinggi, mereka akan dikaruniai mahkota.

    Segala puji bagi-Mu. Tuhanku, melalui sahabatku kematian,
    Yang memeluknya akan mampu untuk melewatinya.
    Sengsaralah mereka yang mati dalam dosa besar!
    Bahagialah dia yang telah menemukan keinginan-Mu!
    Kematian kedua tidak dapat menyakiti mereka.
    Terpuji dan terberkatilah Tuhanku, dan bersyukurlah kepada-Nya,
    Dan layani Ia dengan penuh kerendahan hati.

    ***

    Wahai Sang Cinta, penuhi hati kami dengan cinta-Mu.
    Bimbing kami agar kami bisa mengerti bahwa hanya Engkaulah yang kami cari.
    Tuhanku, tidak ada kata-kata yang mampu menggambarkan keagungan dan kebesaranmu-Mu.

    Hanya Engkau Ya Rabb
    Hanya kepada-Mu
    Kami semua kembali

    Peluk kami semua dalam cinta dan kasih sayang-Mu. amin

  15. 15 danalingga Juli 7, 2007 pukul 10:15 pm

    Waduh puji Tuhan,syukur alhamdulillah, Dimas mau bercapek-capek untuk menterjemahkannya. Thanks ya bro.

    Sadar akan Sang Cinta akan menjadikan kita selalu bersyukur.

    oh iya bro, terjemahanmu boleh kan aku masukkan di posting?

  16. 16 dewo Juli 7, 2007 pukul 10:55 pm

    Selalu bersyukur. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Amin.

  17. 17 Dimas Juli 7, 2007 pukul 10:56 pm

    Milikku adalah milikmu😉

  18. 18 Dimas Juli 7, 2007 pukul 11:00 pm

    Semoga dengan rahmat dan bimbingan-Nya Dia membimbing kita menuju tempat dimana…

    “tidak ada milikku, tidak ada milikmu. Semuanya hanyalah milik-Nya!”

  19. 19 Rizma Juli 7, 2007 pukul 11:08 pm

    Arggghhh,, Ma dibilang mau nikah,,👿

    Ma pengen bisa mampertahankan saat saat Ma lagi ngerasa sangat bersyukur, dan moga moga ga lupa buat terus bersyukur,, biar Ma terus tau diri,,😛

    (mulai jago maen trekbek nih,,):mrgreen:

  20. 20 danalingga Juli 8, 2007 pukul 12:06 am

    @Dimas

    semoga bro… marilah kita terus berjalan dalam rasa syukur ini.😀

    @Rizma

    Ma sepertinya saya tulis berpikir kok.😆 *ngeles*
    Semoga rasa syukur akan tetap ada dalam kondisi apapun.

    (* oh trekbek…. saya hanya meniru saja:mrgreen: *)

  21. 21 cK Juli 8, 2007 pukul 12:54 am

    harus selalu bersyukur!!! walopun nasib jelek, tertimpa malang ataupun sedang bahagia

  22. 22 Ai Juli 8, 2007 pukul 2:45 am

    Iya betul…
    semestinya bersyukur dikasih sebuah kebosanan…
    karena jadi tau gimana rasanya menikmati sesuatu yang baru…

    *terkait postingan diri sendiri :p*

  23. 23 Hafiz Rahman Juli 8, 2007 pukul 8:45 am

    Dari dulu saya sudah nunggu ada artikel sejuk macam gini di komunitas WordPress.. daripada ribut-ribut mulu seringnya🙂

    alhamdulillah..

  24. 24 danalingga Juli 8, 2007 pukul 9:02 am

    @dewo

    amin.
    *maaf kelewatan*

    @chika
    iya, wong semua itu rahmat kok.:mrgreen:

    @Ai
    iya, semua itu ada hikmahnya. Syukurlah.

    Hafiz Rahman
    alhamdulilah, anda bisa suka.

  25. 25 caterpillar Juli 8, 2007 pukul 1:14 pm

    Good Lord show me the way…

  26. 27 9racehime Juli 9, 2007 pukul 12:59 am

    alhamdulillah , saya bersyukur ada mas dana yg sudah mengingatkan… walopun ipk naek dikit bgt, brt badan nambah, kena omelan nyokap
    saya bersyukur ko….:mrgreen:

  27. 28 danalingga Juli 9, 2007 pukul 9:48 am

    alhamdulillah juga, grace tetep bersyukur. Wah jadi kemaren kena omelan yak?:mrgreen:

  28. 29 anthonysteven Juli 9, 2007 pukul 1:41 pm

    Memang kita harus selalu bersyukur…
    Bukan karena kita hidup kita selalu enak
    Bukan karena ada orang yang hidupnya lebih tidak enak
    Akan tetapi bersyukur karena setiap detik, hari, dan jam adalah anugrahNya
    Setiap derita dan tawa adalah karuniaNya.

  29. 30 danalingga Juli 9, 2007 pukul 5:07 pm

    ya, ya setuju. Puji Tuhan atas segala karuniaNya.

  30. 31 jokoblitar September 26, 2008 pukul 10:22 pm

    Bersyukur, …..

    Atas segala yang kita terima, atas kelimpahan ………..
    Semua orang melakukan itu………….

    Memberi dari kelebihan ……………
    Itu hal biasa ……….
    Tetapi memberikan dari kekurangan kita ………

    Sungguh kesadaran yang patuh kita syukuri ………
    Derita tidak membelenggu kita untuk memberikan kepada saudara kita yang kurang
    Dan setelah itu marilah kita bersyukur.


  1. 1 Terima Kasih Itu Mukjijat « Sebuah Perjalanan Lacak balik pada Agustus 23, 2007 pukul 10:17 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: