Arsip untuk September, 2007

Bergelut dengan Maut, engkau

Teruntuk orang-orang yang sedang berjuang dalam sekarat.

 


Sang Maut Yang selalu Mengintai

lantas bagaimana?

Kulihat Tuhan

Kulihat Tuhan itu,
Sedang menarik gerobak butut dengan tubuh ringkih
Terseok seok di antara panas menyengat
Di selingi kepasrahan yang nyata
Dalam puasa yang terasa sebagai kewajiban
Untuk menggapai yang namanya kebahagiaan

yup, kulihat Tuhan 😉

Sepenggal Kisah Ramadhan

[update v. 1.0]

Dalam suatu masa di senja bulan ramadhan, seorang anak manusia rebah di lantai sebuah mesjid bersahaja tanpa dinding, menyatu dengan alam. Sebuah keteduhan yang sungguh terasa , merasuk ke segenap sendi jiwa yang terasa lelah. Beristirahat sejenak , dari sebuah pencarian yang dia lakukan siang dan malam. Melintasi lembah dan gunung, sepi dan keramaian, ekstrim kiri dan ekstrim kanan, dalam kelaparan rohani yang tak tertahan.

lalu bagaimana kisah selanjutnya ?

Nabi Menangis

Di suatu kondisi dan di suatu masa, dalam sebuah perjalanan hingga ke sudut hati terdalam. Kulihat suatu hal yang sangat mengherankan, seorang Nabi sedang menangis pilu di salah satu sudut.

wah, sang Nabi kenafa ya?

Lowongan Tuhan

Minggu tadi, di siang hari tiba tiba lemburku di batalkan karena alasan teknis. Dan tiba tiba pula saya punya keinginan jalan jalan ke mal Ambassador. Yah, sekedar jalan jalan dan melihat lihat apakah ada yang menarik. Singkat cerita , alhamdullilah, puji Tuhan  , saya bisa sampai dengan selamat di mal Ambassador. Langkah kaki akhirnya mengantar saya ke toko buku Trimedia di lt. 2. Dan mulailah dengan santai saya ngiter-ngiter , pertama saya ke tempat komik, mau ngecek apa komik kunimitsu yang terbaru sudah keluar. Ternyata belon, yah saya tentu agak kecewa sebab komik ini adalah favorit saya untuk sekarang ini.

lantas apakah saya tenggelam dengan kekecewaan tersebut ?

Kematian Ke 3

” telah meninggal” jawab ibuku di ujung telpon.

akhirnya kematian ke 3

Siapa Berani Sebut Dirinya Bukan Kafir ???

Terinspirasi dari tulisan lae jarar tentang kafir kafiran,  yang menantang keberanian orang orang muslim untuk mengkafirkan Bunda Teresa . Dan ternyata ada juga yang menyambut tantangan tersebut dengan tanpa ragu ragu mengkafirkan Bunda Teresa. Sungguh mengagumkan memang, sebuah sikap yang sudah sangat yakin. Tanpa ada secuil keraguan pun.

lantas kalo saya gimana?

Meraih Kesempurnaan Hidup : Avatar The Last Airbender

Kali ini saya akan membahas tentang cakra dan bagaimana cakra ini bisa menjadi sarana kita dalam memahami kehidupan. Sehingga dengan demikian kita dapat meningkatkan kualitas kehidupan kita. Adapun pembahasan saya mengenai cakra dan kehidupan ini bersumber dari sebuah serial animasi anak anak yang berjudul Avatar the last air bender  . Sebuah serial animasi yang sepemahaman saya penuh dengan falsafah tai chi , sebuah falsafah hidup dengan harmoni yang sangat indah.

avatar nih

The Tai Chi Animation

Adapun mengenai cakra dan pengaruhnya dengan kehidupan di terangkan dalam salah satu episode oleh seorang guru kepada Aang, sang calon avatar, dalam usahanya untuk mencapai kondisi avatar. Akan saya sampaikan penjelasan tersebut dengan bahasa saya , semoga berkenan. 😀

Jadi Bagaimana hubungan Cakra dengan kehidupan?

Puisiku Untukmu

Entah kenapa seribu mahluk cantik berseliweran
Tak ternikmati

Entah kenapa dari seribu kecantikan
hanya kecantikanmu yang terlihat

Entah kenapa tanpa sadar terbakar cinta
hingga melepuh segala normal itu

Entah kenapa keindahanmu lebih terlihat
dibanding Tuhan sekalipun

Gender, Agama, Budaya , dan Evolusi

 

“Dasar , kok bisa ya dia yang di angkat jadi supervisor, kamu kan lebih berpengalaman, lebih senior, lebih pinter, dan dia itu kan cewek ” dumelan salah satu temanku kepada temen yang satu lagi yang merasa di langkahi dalam kenaikan jabatan. Sebenarnya sih saya juga mendukung seharusnya temen ini yang di angkat jadi supervisor, karena memang sudah sangat memenuhi syarat. Di banding dengan mahluk manis yang masih ijo itu, setidaknya kalo dari segi kemampuan kuakui temen ini memang lebih mumpuni. Nah tapi yang tidak saya setuju tentang alasan yang mengatakan bahwa dia kan cewek? Please deh mang apa masalah perempuan ama laki laki dalam hal ini, saya kira tidak ada hubungannya bukan?

Dan sepotong kalimat tersebut menyadarkan saya bahwa masalah gender masih ada di sekitar kita, bahkan dalam kehidupan yang katanya modern ini. Streotip perempuan seharusnya di belakang laki laki masih mengakar.

Lantas apa hubungan gender , agama , budaya, dan evolusi ?


Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

September 2007
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.