Arsip untuk Juli, 2008

Beragama Ketakutan

Agama-agama mengajarkan ketakutan. Takut akan hukuman dari Tuhan jika melanggar perintahNya. Sehingga Tuhanpun menjadi semacam penguasa yang pemarah dan mengerikan jika kita berbuat hal yang salah. Semua bakal dibakar, tanpa sisa. Ada sedikit sisa memang, yakni cerita tentang kesedihan, kepedihan dan siksaan. Tentu saja di neraka jahanam itu tempatnya.

Katanya itu adalah untuk alasan kebaikan bagi manusia. Sebab Tuhanlah yang tahu kita butuhkan. Sedangkan manusia tidak tahu apa-apa. Makanya Tuhan pun membuat semacam skenario untuk menakut-nakuti manusia agar tidak keluar dari jalurnya. Agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan diri sendiri. Sebab manusia memang tidak tahu apa-apa.

apa benar begitu?

Iklan

Serpih Pemikiran Liberal Emak

Sebenarnya ketika membeli buku “Emak” ini aku hanya merasa membeli sebuah cerita hidup biasa. Tidak pernah terpikir bahwa didalamnya bakal ada serpih-serpih pemikiran liberal. Yang menyadarkan aku, betapa ternyata pola pikir liberal ini sudah ada sejak jaman dulu. Dalam tulisan kali ini akan saya kutipkan beberapa pendapat tokoh Emak dalam buku tersebut yang menjelaskan sebuah pemikiran liberal dengan cara yang lebih runtut dibanding cara saya bertutur selama ini.

liberal yang bagaimana?

Sholatlah Seperti Engkau Melihatku Sholat

Sholatlah seperti engkau melihatku sholat

Tidak sengaja Jenar membaca kalimat tersebut. Saat itu dia sedang menikmati kacang yang dibelinya dari penjual keliling. Seperti biasa, kacang tersebut dibungkus kertas bekas demi penghematan. Yah, kelihatanya sih tidak higienis sebab entah kertas bekas apa yang beruntung terpilih untuk membungkus kacang yang dibeli Jenar.

Tapi tampaknya Jenar tidak pernah peduli. Toh, selama ini dia tidak pernah mengalami kesulitan dengan kesehatannya. Bahkan banyak pengetahuan baru yang dia dapatkan dari potongan-potongan kertas bekas yang bernasib menjadi pembungkus kacang itu. Tidak hanya pengetahuan baru, tapi juga pengetahuan lama yang mengingatkan sesuatu yang baru.

Pengetahuan apakah yang didapat Jenar kali ini?

Kami

Kata kami sering ditemukan dalam ayat AQ ketika Tuhan menyebutkan dirinya yang sedang berbuat atau berkehendak. Kalo dipikir-pikir kok ya Tuhan menyebut kami, kan berarti ada lebih dari satu Tuhan tuh. Tuhan menyekutukan dirinya sendiri dunk jadinya. Heh?! Tuhan macam apa yang begitu. Melarang orang menyekutukanNya, namun malah melakukan penyekutuan itu sendiri. Walau sih Tuhan itu memang maha-maha, jadi ya bisa seenaknya dewelah. Tapi mosok Tuhan begitu. Saya jadinya pengen protes dunk.

protes bagaimana?

Syahadat Kristen

Credo in unum Deum, Patrem Omnipotentem
factorem caeli et terrae, visibilium omnium et invisibilium.
Et in unum Dominum Iesum Christum, Filium Dei Unigenitum,
Et ex Patre natum ante omnia saecula. Deum de Deo, lumen de lumine,
Deum verum de Deo vero. Genitum, non factum, Consubstantialem Patri
per quem omnia facta sunt.
Qui propter nos homines et propter nostram salutem descendit de caelis.
Et incarnatus est de Spiritu Sancto
ex Maria virgine et homo factus est.
Crucifixus etiam pro nobis sub Pontio Pilato,
passus et sepultus est.
Et resurrexit tertia die secundum Scripturas.
et ascendit in caelum, sedet ad dexteram Patris.
Et iterum venturus est cum gloria, iudicare vivos et mortuos,
cuius regni non erit finis.
Et in Spiritum Sanctum, Dominum et vivificantem,
qui ex Patre (Filioque)* procedit.
Qui cum Patre et Filio simul adoratur et conglorificatur:
qui locutus est per prophetas.
Et unam, sanctam, catholicam et apostolicam Ecclesiam.
Confiteor unum baptisma in remissionem peccatorum.
Et expecto resurrectionem mortuorum,
et vitam venturi saeculi. Amen.

yang artinya :

Nabi Kok Cuma Laki-Laki

Tiba-tiba beberapa pikiran negatif menghampiri tanpa dapat ditahan ketika membaca komen bu Hana yang mengaku-ngaku sebagai nabi.

Begini prosesnya. Saya tersadar bahwa bu Hana ini kan seorang perempuan (kalo belon ganti kelamin sih). Dan selama sejarahnya (yang saya tahu nih) kok belon ada Nabi yang perempuan ya?

memangnya kenapa?

Kenabian Telah Berakhir

Kita tahu bahwa Mahmoud Mohamed Taha (1909-1985), seorang ulama dari Sudan, menyatakan bahwa penyebab dihentikannya misi kenabian (Qs al-Maidah [5]: 3) adalah bahwa dengan itu Allah telah siap untuk mengajari manusia secara langsung, tidak melalui jibril. Untuk itu, tugas kita ialah sungguh-sungguh berusaha mencari petunjuk-Nya dan memohon kepada-Nya, “ihdinash shiraathal mustaqiim” (tunjukilah kami jalan orang-orang lurus). Untuk mencari petunjuk-Nya, sumber utama kita adalah Al-Qur’an.

pendapat saya …


Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Juli 2008
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.