Haram Yoga

Ketika yoga diharamkan berarti telah mengharamkan untuk mengenal Tuhan, karena sejatinya yoga adalah jalan/cara untuk mengenalNya. Metode bagaimanapun itu-dari agama manapun itu-selama bisa membuat mengenalNya maka itulah yoga. Jangan pernah terjebak dalam bentuk dan label, karena akan membuat salah paham yang parah.

Kemudian setelah mengenalNya tentu bisa melakukan kesejatian untuk berserah diri tanpa hanya menjadi imajinasi. Berserah diri dalam hal ini tidak terikat pada label agama tertentu. Berserah diri berarti sudah, tidak ada tapi.

Maka tanyaku: “Apa pengharaman itu benar-benar diinginkan oleh tuan-tuan terhormat-tuan-tuan yang mengaku ahli agama ?”

Btw, ribut-ribut soal pengharaman yoga ini ternyata berguna juga. Selain membuat saya jadi ingin menulis-sehingga artikel di blog ini tambah lagi, juga membuat saya jadi kepikiran untuk membuat sebuah metode dengan nama Haram Yoga. Dengan begitu yang ingin ikut yoga sama yang ingin mengharamkan yoga jadi terakomodasi. *mulai ngawur*

22 Responses to “Haram Yoga”


  1. 1 Catshade Desember 14, 2008 pukul 12:30 pm

    Daripada begitu, lebih baik bikin kelas ‘Yoga Islami’… bisa laris itu kelas dapet hijrahan dari mantan pengikut kelas Yoga Kafir(tm)😆

  2. 2 Lumiere Desember 14, 2008 pukul 12:41 pm

    *baca komen catshade*😆 eh trade mark-nya gak jalan tuh.

    Itu juga maksudku “mysterium tremendum” kemaren, krn kupikir, gak perlu “terkungkung” pd agama tertentu utk mencapaiNYA. betewe tapi aku gak paham ama maksudmu

    Metode bagaimanapun itu-dari agama manapun itu-selama bisa membuat mengenalNya maka itulah yoga

    Masa?? 8)

  3. 3 danalingga Desember 14, 2008 pukul 4:19 pm

    @Catshade

    Sepertinya nama Haram Yoga lebih menjual deh.😛

    @Lumiere

    Apa yang kamu anggap yoga belum tentu yoga, apa yang kamu anggap bukan yoga bisa jadi itulah sejatinya yoga.:mrgreen:

  4. 4 zal Desember 15, 2008 pukul 3:04 am

    ::yap…memang aneh ya dan, prinsip operasinya sama, namun mencoba mencari perbedaannya…akh kenapa engga nyari converter untuk membacanya….

  5. 5 frozen Desember 15, 2008 pukul 11:48 am

    Yoga itu kalau nggak salah, konsep kebersatuan dengan pengendali gerak, Ilahi, dalam artian, manunggaling kawula Gusti, wahdatul wujud, singularisme. Tapi konsep ini dianggap sesat.

    Ya sudah, kebalikannya saja, pluralisme, hidup dalam keanekaragaman, pelangi. Tapi konsep ini juga ditentang, kafir, agenda SEPILIS katanya.

    serba salah…

    Nha sekarang, capek juga kalau kita mikirin terus fatwa sableng pengharaman ini.
    Kalau mau lawan, pakai apa, mereka berbuat begitu lewat tangan otoritas negara. Kita?
    Paling kalau mau milih, ya pakai jalan para bijak bestari. Kita cari “jalan lain” buat mengenal-Nya (konon jalan menuju Tuhan itu sebanyak hembusan nafas seluruh makhluk)🙂

    *menunggu layanan REG (spasi) DANA (spasi) HaYo (spasi) 0101*
    *nb: HaYo = Haram Yoga*

    *ngeloyor pergi lagi*

  6. 6 sitijenang Desember 15, 2008 pukul 9:59 pm

    Dibuka:
    Kelas Pemula : Yoda Bagi Orang Moderen
    Biaya: gratis (sambil menunggu reaksi MUI)
    :mrgreen:

  7. 7 agorsiloku Desember 16, 2008 pukul 7:43 am

    He..he…he… Judul yang aneh, masalah yang aneh… tapi lama-lama saya setuju juga. Yoga nggak boleh dimakan, seperti juga meja, ballpoint, laptop… semua haram dimakan…

    Tapi kalau haram dalam ranah Agama, biarlah petunjuk Allah dan Nabi saja deh yang memutuskan. Kalau kita yang memutuskan haram, lalu apakah Allah akan mengambil keputusan yang sama atau mengiyakan?.

    Kalau kita tidak tahu…
    biarlah hukum manusia yang mengaturnya dan manusia juga yang menetapkan hukumannya.
    Kalau haramnya menurut firman Allah, Allah juga yang memutuskan hukumannya (dan sekaligus pahalanya)…..

  8. 8 dr.Adhika Desember 16, 2008 pukul 10:36 am

    sejatinya Yoga adalah ilmu pengetahuan.ilmu pengetahuan untuk mencapaiNYA.semua agama memiliki Yoga masing2…..yang mengharamkan Yoga itu barangkali belum mengerti hakikat dari Yoga yang sebenarnya

  9. 9 Uhuik Desember 16, 2008 pukul 1:12 pm

    masjidil HARAM artinya masjid SUCI
    yoga dalam bahsa jawa artinya anak laki-laki

    berli kurma seharga 5 real, ditawar 1 real dijawab ‘haram’, artinya nggak boleh dibeli dengan harga segitu.

    Kalau sholat dicampur yoga, bingung kapan sujudnya, kapan doanya, karena cuma hening dan duduk bersila terus..

  10. 10 sora9n Desember 16, 2008 pukul 2:33 pm

    saya jadi kepikiran untuk membuat sebuah metode dengan nama Haram Yoga

    HY?:-/

    *digeplak karena OOT*

  11. 11 Rukia Desember 17, 2008 pukul 9:06 am

    Yoga Haram? Saya baru tau *telat*
    Bukannya Yoga bagus buat kesehatan, karena dapat melancarkan peredaran darah, menenangkan pikiran, dll *palagi ya…*
    *Nggak pernah ikutan yoga soalnya*

  12. 12 tukyman Desember 17, 2008 pukul 1:54 pm

    saya datang dengan sejuta senyuman🙂
    salam kenal🙂

  13. 13 danalingga Desember 17, 2008 pukul 8:49 pm

    @zal

    Iya zal, kadang aneh aja tuh ngeliatnya.

    @frozen

    Yah, nggak usah dilawan sih. (kalo sempat) ditunjukkan saja bahwa ada pemahaman lain tentang yoga.

    @sitijenang

    Wah, bener juga. Ganti label aja. Jenius ini!:mrgreen:

    @agorsiloku

    Sebenarnya saya mengerti sih sudut pandang kenapa yoga diharamkan. Tapi menurut saya sudut pandang itu salah mengartikan apa itu yoga. Makanya jadi terbitlah artikel berjudul aneh ini.

    @dr.Adhika

    Nah, itu dia, belum paham udah merasa paham. Jadinya ya aneh.

    @Uhuik

    Pernah kepikiran tidak kalo sholat itu adalah yoga juga?

    @sora9n

    Gimana kabarnya HY yang itu?😛

    @Rukia

    Malah bisa membuat mengenal Tuhan.

    @tukyman

    Salam kenal.

  14. 15 rudi Desember 20, 2008 pukul 3:39 pm

    Hmmm saya agak alergi yoga, sebab sempat trauma pas level “Trust your Teacher”. Lalu suatu hari di benak saya ada suara “aku gurumu”. Lalu muncul wajahnya. Dan, waduh, tampangnya menyeramkan banget. Sejak itu gak mau yoga lagi.
    .
    NB: Yoga ada banyak macamnya.
    Mungkin saya kedapetan yang SesatYoga😛

  15. 16 Kurt Desember 21, 2008 pukul 7:32 am

    Sebaliknya, kalau saya buka Halal Yoga, dijamin gak ada yang datang..

  16. 17 danalingga Desember 30, 2008 pukul 1:03 am

    @Islam Indie

    Iya, capek.

    @rudi

    Kenapa terlalu memperhatikan tampang?

    @Kurt

    Heheheh…😀

  17. 18 godamn Desember 30, 2008 pukul 7:50 am

    @rudi
    bunuhlah dia… pada akhirnya kau pun harus mem
    bunuh dia…
    hijab terakhir Rumi adalah Syamsyi Tabriz..

  18. 19 godamn Desember 30, 2008 pukul 7:53 am

    @rudi
    bunuhlah dia… pada akhirnya kau pun harus membunuh dia…
    hijab terakhir Rumi adalah Syamsyi Tabriz..

  19. 20 rudi Januari 3, 2009 pukul 8:39 am

    @danalingga
    Kejadiannya jaman dulu sekali. Memang ketemu ‘siapapun’ seharusnya dicukein saja. Toh konon mereka cuma awan-awan di otak kita saja. Tapi apa iya begitu ya? Kurang paham.
    .
    @godamn
    Rumi memang bilang kurcaci harus dibunuh ketika masih kecil. Kadang karena bentuk dan tingkahnya lucu, kita jadi menunda-nunda untuk membunuhnya. Toh akhirnya kita harus membunuhnya juga. Kalau keburu besar, sedemikian besar, malah kita yang dia bunuh. Maksudnya itu bukan?

  20. 21 danalingga Januari 4, 2009 pukul 6:54 pm

    @rudi

    Wah, pengetahuan saya belum melewati bayang bayang itu, jadi tidak bisa terlalu membantu.

  21. 22 apit Mei 11, 2009 pukul 6:32 pm

    memang pengajaran hindu dan islam jauh berbeda. dalam hindu diajarkan brahmacharya, yang satu bagiannya adalah mengekang nafsu sexual, menjalankan hidup selibat untuk kesehatan dan umur panjang. Sedangkan dalam islam seorang pria boleh beristri lebih dari satu, yang merupakan bentuk pelampiasan hawa nafsu. jadi islam dan hindu amat bertentangan. wajar mui melahirkan fatwa haram.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: