Archive for the 'Perjalanan Dongeng' Category

Perempuan Berkalung Sorban

Belakangan ini, sempat ramai diperdebatkan tentang film Perempuan Berkalung Sorban besutan sutradara Hanung Bramantyo . Yang membuat heboh hingga ke media massa, sejauh pengamatan saya, adalah akibat Imam Besar Istiqlal yang juga Wakil Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sangat kontra dengan film ini . Maka sungguh menarik untuk dibahas jika sudah melibatkan petinggi salah satu agama. Lebih menjual seru untuk membahasnya.

Adapun Alasan kontranya adalah bahwa film ini menjelek-jelekkan ajaran Islam. Bahwa film ini tidak sesuai dengan kenyataan. Bahwa yang membuat film tersebut tidak mengerti Islam. Begitulah kira-kira yang aku tangkap dari alasan pak Ali Mustafa Yaqub tersebut saat diperdebatkan dengan Hanung di salah satu televisi swasta. Juga seperti itulah kira-kira intinya jika dilihat pada artikel detik yang saya link sebelumnya.

maka …

Iklan

Selamat Tahun Baru Imlek

Selamat Tahun Baru Imlek, Teman.

Kridit:

Gambar diculik dari sini

Saya Telah Menghina Allah

Setelah tulisan saya yang tidak terlalu serius kemarin┬á, dimana ada celah-celah fallacy yang mengaburkan makna apa yang hendak sampaikan. Maka kali ini tulisan saya sangat serius. Serius curhat maksudnya. ­čśŤ

Begini, beberapa hari yang lalu saya membuat rusuh sebuah forum bernuansa religius. Rusuhnya karena saya dianggap menghina Allah pada salah satu diskusi tentang perang di gaza. Sehingga malah tulisan yang saya komentari (yang menurut saya salah) menjadi tenggelam oleh pro kontra akan tuduhan bahwa saya telah menghina Allah yang begitu suci dan sakral. Saking suci dan sakralnya maka mempertanyakan dengan membawa label Allah dianggap telah mengina.

memangnya tulisan yang bagaimana membuat rusuh itu?

Lukisan Kaligrafi Pada Masjid

Saat saya lihat sebuah bahasan di televisi tentang pendekorasian masjid dengan lukisan kalifgrafi membuat saya menyadari sesuatu. Sesuatu yang mungkin agak mengganggu bagi saya. Maka saya coba tuliskan saja di blog ini, sekalian minta pendapat para pembaca. Mana tahu ada yang bisa membuat rasa terganggu itu hilang.

bagaimana memang ketergangguan saya itu?

FPI Pada Pengadilan

Terus terang tulisan ini tidak berdasarkan fakta yang akurat. Tulisan kali ini hanya berdasarkan kesan yang saya tangkap dari berita-berita yang beredar di internet, koran, televisi. Maka bisa jadi kesan saya ini salah. Tapi inilah sejujurnya kesan yang saya, sebagai masyarakat, dapatkan dari segala berita mengenai FPI dan pengadilan yang sedang berlangsung.

memang bagaimana kesannya?

Cerita Godamn Tentang Surga

Oleh Godamn

Eh temen-temen, ngomomg-ngomong ada yang pernah ke surga blom ? Kalo aku sih udah… meski bentar. asyik loh di sana….. tapi yah… aku sih cuma di emperannya doang gak sampe masuk ke gedung-gedungnya… cuma lihat di luarnya aja sih… ya.. maklumlah… aku juga nyadar kok…. aku blom bisa beli tiketnya yang mahal banget… aku cuma dapet gratisan, cuma kelas festival lah…. gak lebih. Malaekat tu baek banget taaaau……! kalo Jenar mau ditendang mah, salah dia sendiri… ma malaekat kok ngomongnya kayak gitu… kalo ma aku mah, malaekat baik banget…. taaaau…. !

lanjut baca ocehannya

Woro-Woro : Blog Baru !

Begini kawan-kawan!

Bahwa akhir-akhir ini hasil tulisan ringan saya tentang hidup semakin banyak. Dan rasanya layak ditampilkan juga ke permukaan. Maka saya memutuskan untuk menyediakan sebuah ruang khusus untuk tulisan-tulisan tersebut. Ya, saya telah membuat sebuah blog baru untuk menampung hasil dari penulisan tersebut. Tulisan yang tidak ada hubungannya dengan spiritual atau agama. Tulisan yang hanya corat-coret ringan merekam hidup dan kadang dicampur dengan imajinasi. Jadi tulisan-tulisan tersebut tidak akan seberat di blog sebuah perjalanan ini. Tulisan tersebut bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya dalam bentuk puisi, cerpen atau artikel , bahkan mungkin berupa kutipan-kutipan saja.

lantas bagaimana?


Saran Saya

Kepala nyut-nyutan membaca blog ini? Mari santai sejenak sambil ngupi di kopimaya dot com

AKU

Bermakna

Tanggalan

November 2017
S S R K J S M
« Mei    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Jejak Langkahku

RSS Perjalanan Teman-Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS Spiritualitas Para Teman

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.